Mengkonsumsi Daun Singkong Saat Hamil

Hamil adalah anugrah terindah yang diberikan Tuhan kepada pasangan yang baru menikah. Karenanya, kehamilan menjadi dambaan bagi setiap pasangan dalam berkeluarga. Ketika mengetahui sang istri positif hamil, suami harus senantiasa sigap menghadapi sikap istri yang menginginkan banyak hal atau biasa dikenal dengan istilah ngidam. Menjaga kesehatan makanan yang masuk kedalam tubuh ibu hamil sangat diperlukan agar terhindar dari makanan yang dapat membahayakan si jabang bayi.

Nafsu makan sering tidak stabil saat hamil menjadi hal biasa yang sering dialami oleh ibu hamil. Selain asupan nasi, ibu hamil juga perlu mengkonsumsi buah – buahan dan sayur. Terlebih, mengkonsumsi sayuran pada saat hamil merupakan hal penting yang patut diketahui oleh para ibu hamil. Mengapa mengkonsumsi sayuran itu penting?. Karena, sayuran mengandung vitamin, nutrisi dan mineral yang baik untuk janin yang terdapat dalam kandungan. Sehingga para dokter sangat menganjurkannya untuk mengkonsumsinya setiap hari selama masa kehamilan.

Daun singkong, merupakan salah satu sayuran yang sangat baik untuk dikonsumsi ketika hamil. Selain tanamannya yang mudah ditemukan diberbagai tempat, daun singkong juga memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang cukup untuk memenuhi kesehatan ibu hamil. Adapun kandungan nutrisi yang terdapat pada daun singkong diantaranya:

  • Karbohidrat
  • Kalsium
  • Protein
  • Serat
  • Vitamin A, C, B1, B2, B3, B5, dan B6
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Kalium
  • Zat besi
  • Kalori
  • Sodium
  • Magnesium

Diantara beberapa kandungan nutrisi yang terdapat pada daun singkong, semuanya amatlah baik untuk ibu hamil. Manfaat daun singkong bagi ibu hamil, diantaranya :

  1. Mengoptimalkan Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C yang terdapat pada daun singkong bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh bagi ibu hamil agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit. Selain untuk kekebalan tubuh, vitamin C pada daun singkong juga membantu proses penyerapan zat besi pada tubuh, guna mencegah penyakit yang menyerang janin pada kandungan.

  1. Menambah fungsi penglihatan pada bayi

Indra penglihatan merupakan salah satu indra terpenting bagi tubuh, kandungan vitamin A yang terdapat pada daun singkong, membantu menambah fungsi penglihatan pada bayi. Sehingga, bayi lahir sempurna dan terhindar dari kebutaan.

  1. Memperlancar Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan merupakan salah satu sistem yang memiliki pengaruh yang besar terhadap ibu hamil. Jika sistem pencernaan tidak lancar, ibu hamil akan merasakan sakit pada perutnya dan membuat nyeri pada kehamilannya. Daun singkong berperan penting bagi ibu hamil untuk memperlancar fungsi sistem pencernaan. Serat yang terdapat pada daun singkong dinilai dapat membantu fungsi sistem pencernaan yang baik, sehingga ibu hamil terhindar dari gangguan kehamilan seperti sembelit.

  1. Memperbaiki Kesehatan Tulang dan Gigi

Fosfor dan kalsium yang terdapat dalam kandungan daun singkong berperan menjaga dan mengoptimalkan kesehatan tulang dan gigi pada ibu hamil. Selain pada ibu hamil, selain untuk ibu hamil, mengkonsumsi daun singkong juga baik kesehatan tulang pada janin yang dikandung. Agar mencegah bayi lahir dari kecacatan.

  1. Menstabilkan Berat Badan

Kandungan serat yang terdapat pada daun singkong juga memiliki manfaat lain, yaitu membantu menjaga berat badan ibu hamil agar tetap stabil. Terkadang, kehamilan sangat mempengaruhi berat badan pada ibu hamil. Memang ibu yang sedang hamil akan merasa lebih berat dari biasanya, bahkan terlihat gemuk. Tetapi, serat yang terdapat pada daun singkong dapat membantu menstabilkan berat badan agar tidak terlihat gemuk pada saat hamil.

Demikian beberapa manfaat mengkonsumsi daun singkong pada masa kehamilan. Mulai dari sekarang, jangan takut untuk mengkonsumsi sayur. Karena, manfaat sayur amatlah besar bagi ibu dan si jabang bayi. Selamat mencoba semoga bermanfaat.

spacer

Leave a reply